June 13, 2021

Kebutuhanku

Kebutuhan Isi Berita Indonesia

15 Cara Ampuh Mendapatkan Leads

10 min read

Leads adalah orang yang tertarik pada produk atau layanan bisnis. Orang-orang ini biasanya memberikan information data kontak berupa nama dan alamat email. Ini dilakukan supaya mereka tak kehilangan information data dan promo dari penjual.

Cinta pada pandangan pertama itu omong kosong. Bukan cuma untuk urusan jodoh, tapi juga urusan bisnis.

Seperti jodoh yang harus ditimbang bibit-bebet-bobotnya, produk atau layanan bisnis juga kerap dibandingkan kurang dan lebihnya. Kalau jodoh saja bisa ditikung, apalagi konsumen. Jadi, bukan hal yang aneh kalau konsumen berpaling dari seorang penjual karena menemukan alternatif produk atau layanan yang lebih menarik.

Faktanya, 7 dari 10 orang memang tak pernah menyelesaikan transaksi online-nya. Mereka umumnya beralih ke produk lain yang lebih menguntungkan.

Ini pun didukung sebuah survei yang menunjukkan 40 persen orang tak jadi membeli sesuatu karena teralihkan hal lain. Jadi, tidak berlebihan kalau dibilang, tikung-menikung dan fenomena pemberi harapan palsu (PHP) itu sangat umum di bisnis.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa pasrah menghadapinya. Anda dapat menerapkan strategi lead generation era technology supaya tak kehilangan calon pelanggan.

Apa itu leads? Mengapa leads itu penting? Lalu, bagaimana cara mendapatkan leads? Simak terus artikel ini karena kami akan jawab semua pertanyaan Anda.

Apa itu Leads?
Leads adalah orang-orang yang punya potensi besar untuk diprospek menjadi pelanggan. Mereka umumnya meninggalkan kontak supaya Anda dapat menghubungi mereka secara leluasa. Berbekal kontak itulah, Anda bisa mengirimkan infoinformationdata seputar promo atau rilis produk terbaru.

Namun, leads tidak didapatkan begitu saja. Anda butuh lead generation era technology agar dapat menjaring leads yang berkualitas. Lebih tepatnya, lead generation era technology adalah proses menarik orang dan mengubahnya menjadi pelanggan Anda. Beberapa metode lead generation era technology adalah blog weblog, freebies, kupon, dan lain sebagainya.

Sebelum bicara banyak soal cara mendapatkan leads, ada baiknya Anda mengenal macam-macam leads. Sebab, tiap orang punya kebutuhan berbeda-beda. Anda tentu ingin menjawab kebutuhan itu dengan tepat. Dengan begitu, mereka merasa Anda dan tergerak untuk menjadi pelanggan setia Anda.

Berikut adalah empat macam leads yang perlu Anda ketahui.

1.Marketing Qualified Lead
Marketing Qualified Lead (MQL) adalah orang-orang yang sudah terpapar dan berinteraksi dengan materi promosi yang Anda buat. Misalnya, mereka sudah pernah mengisi kontak di landing touchdown page web page ataupun mengunduh e-book e-book guide gratis free of charge.

Walaupun sudah familiar acquainted dengan produk atau layanan Anda, MQL belum siap melakukan pembelian produk atau layanan. Karenanya, MQL justru jadi lead paling potensial untuk diprospek menjadi konsumen.

2.Sales Qualified Lead
Sales Qualified Lead (SQL) adalah orang-orang yang tertarik membeli produk atau layanan. Tak sekadar bertanya saja, SQL biasanya memang sudah siap membayar sejumlah uang alias menjadi pelanggan. SQL umumnya dapat dikenali karena pertanyaan mereka seputar detail information data atau spesifikasi produk.

3.Product Qualified Lead
Product Qualified Lead (PQL) adalah orang-orang yang telah menjajal program “coba gratis free of charge” atau versi basic primary fundamental dari sebuah produk. Mereka kemudian tertarik untuk berlangganan produk atau melakukan upgrade improve produk ke versi premium.

4.Service Qualified Lead
Sebetulnya Service Qualified Lead ini hampir sama dengan PQL. Service Qualified Lead adalah orang-orang yang telah menjajal versi gratis free of charge atau fitur terbatas dari sebuah layanan. Lalu, mereka tertarik untuk membayar lebih agar mendapat fitur premium yang diinginkan.

Setelah tahu apa saja macam-macam lead, semoga Anda bisa mendesain produk yang pas dan menentukan strategi digital marketing advertising advertising yang sesuai. Sehabis ini, Anda akan diajak menyelami lebih dalam mengapa leads sangat penting bagi bisnis online.

Mengapa Leads itu Penting?
Lead generation era technology atau leads adalah bagian yang amat penting dalam digital marketing advertising advertising. Mengapa? Kira-kira begini lah penjelasan singkatnya:

* Leads dipakai agar Anda lebih mudah menghubungi calon pelanggan potensial;
* Leads memudahkan Anda mempraktikkan strategi inbound marketing advertising advertising;
* Leads memungkinkan Anda mengirimkan konten bermanfaat untuk calon pelanggan;
* Leads memudahkan Anda memetakan demografi calon pelanggan dan kebutuhannya;
* Leads memungkinkan Anda melakukan promosi dan konversi ke segmen pelanggan paling potensial.

Itu tadi alasan super tremendous singkat dari pentingnya leads. Kalau jawaban di atas sudah memuaskan rasa penasaran, Anda boleh loncat ke bagian Tips Mendapatkan Leads. Di sana, Anda akan temukan berbagai cara mendapatkan leads yang bisa diterapkan ke bisnis Anda sendiri.

Tapi jika Anda masih penasaran dengan logika di balik leads, ada baiknya Anda simak penjelasan berikut ⏬⏬⏬

Sebetulnya lead generation era technology adalah bagian dari babak kedua customerbuyer journey atau marketing advertising advertising funnel. Ini merupakan babak yang perlu Anda optimalkan setelah mengenalkan produk atau layanan lewat sosial media, blog, video, atau website.

Mengapa?

Tanpa lead generation era technology usaha marketingadvertisingadvertising Anda akan berakhir percuma. Semua usaha mulai dari memasang iklan viaby way ofthrough Facebook Ads dan Instagram Ads, melakukan optimasi SEOsearch engine optimizationweb optimization ke websiteweb site, bekerja sama dengan influencers, dan lainnya ─ takkan berdampak signifikan.

Sebab, yang Anda dapatkan hanya lah trafficvisitorssite visitors dan eksposur. Sesuatu yang sangat abstrak untuk dijadikan modal memprospek pelanggan. Hanya berbekal trafficvisitorssite visitors dan eksposur saja, Anda tentu tak dapat menjalin kontak dengan calon pelanggan.

Malah bisa dibilang, tanpa lead generation era technology Anda dipaksa untuk selalu mengulang usaha promosi dari awal. Anda jadi terjebak di tahap awarenessconsciousness. Ini tak cuma menjengkelkan dan melelahkan, tapi juga memboroskan anggaran promosi Anda.

Padahal, leads tak sekadar dipakai untuk terus menjalin kontak dengan pelanggan. Lead generation era technology juga berguna untuk meyakinkan pelanggan agar menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Ini bisa dilakukan dengan mengirimkan bermacam resourcesassetssources (artikel, e-booke-bookguide, akses konten premium, dsb) ke mereka.

Dengan begitu, calon pelanggan bisa mengerti bagaimana produk yang Anda tawarkan menyelesaikan persoalan mereka. Lewat berbagai konten itu pula, Anda bisa menunjukkan kelebihan Anda dibandingkan dengan kompetitor. Dari sana lah, calon pelanggan merasa semakin mantap untuk membeli produk atau layanan bisnis Anda.

Di samping dua kegunaan tadi, leads juga amat berguna untuk memetakan (calon) pelanggan. Berbekal dataknowledgeinformation sederhana seperti umur, jenis kelamin, dan preferensi tertentu, Anda bisa tahu siapa pelanggan potensial dan apa yang mereka mau. Nantinya, Anda bisa mendesain produk yang menjawab kebutuhan. Plus, mendesain strategi marketing advertising yang lebih tepat sasaran.

15 Cara Ampuh untuk Mendapatkan Leads
Setelah paham apa itu leads dan mengapa leads itu penting, saatnya Anda masuk ke bagian yang lebih praktikal. Di sini, Anda akan temukan 15 cara mendapatkan leads yang bisa diterapkan ke bisnis Anda.

  1. Buat landingtouchdown pageweb page
    Landing pageweb page adalah halaman khusus berisi formtypekind untuk mengumpulkan leads. Biasanya halaman ini juga memuat informasi lengkap seputar produk atau layanan yang bisnis tawarkan.

Membuat landingtouchdown pageweb page merupakan strategi mendulang leads yang paling bisa diandalkan. Berbekal websiteweb site dengan halaman khusus, upaya Anda mendapatkan leads akan tampak lebih elegan.

Di samping itu, Anda juga berkesempatan untuk terus-menerus mendapatkan leads. Sebab, landingtouchdown pageweb page akan terus ada di web site. Tanpa ada batasan waktu. Anda hanya perlu mengarahkan orang untuk mengunjungi web site dan landingtouchdown web page tersebut.

Strategi ini juga sangat fleksibel untuk dikombinasi dengan cara mendapatkan leads lainnya. Misalnya, Anda bisa buat landingtouchdown pageweb page khusus untuk bagikan ebooke-booke book atau menyelenggarakan webinar. Cerdas, bukan?

Untuk tahu cara membuat landingtouchdown pageweb page lebih detailelement, Anda bisa ikuti panduan → Cara Membuat Landing Page di WordPress (Mudah, Cepat, dan Efektif). Untuk dapatkan inspirasi landingtouchdown pageweb page, buka → 7+ Contoh Landing Page Menarik untuk Website Anda.

2. Bagikan ebooke-booke book
Membuat ebooke-booke book dan membagikannya secara gratisfree of charge bisa juga mendatangkan leads. Ini merupakan cara strategis yang biasa diterapkan oleh bisnis B2B. Mengapa?

Transaksi bisnis B2B biasanya tak terjadi dalam sekali pertemuan. Ini karena nilai transaksi di bisnis B2B umumnya sangat lah besar. Maka, perlu waktu agak lama sampai pembeli benar-benar yakin dan siap membeli produk atau layanan yang dimaksud.

Ebook ini seolah jadi “buah tangan” untuk calon pembeli. Lewat e-booke book yang Anda bagikan, Anda bisa meninggalkan kesan sebagai bisnis yang terpercaya, paling ahli, dan bereputasi bagus. Apalagi, kalau Anda punya bisnis yang sifatnya amat teknis. Calon pelanggan bisa mendapatkan nilai tambah dan pengetahuan baru seputar bisnis yang dijalankan.

Supaya e-booke book Anda diminati calon pelanggan, ikuti beberapa tipsideassuggestions membuat e-booke book berikut:

* Pilih topik yang spesifik. Kalau Anda memiliki beberapa lini produk/layanan, jangan buru-buru memasukkan semua topik yang berhubungan ke dalam satu buku. Ini dilakukan supaya Anda bisa mendapatkan lead dalam jumlah banyak dan spesifik.
* Buat out line define untuk memetakan konten e-booke book. Supaya konten yang ditulis mudah dipahami pembaca, pastikan Anda memetakan konten dengan baik, urut, dan logis.
* Desain ebooke-booke book semenarik mungkin. Tampilan ebooke-booke book yang menarik membantu pembaca menikmati konten yang Anda sajikan.
* Tambah elemen dekoratif ke ebooke-booke. Taruh gambar, foto, quote, diagram, data know edge information, atau apapun yang menambah estetika. Lebih baik lagi kalau semua elemen dekoratif itu membantu pembaca memahami konten.

Kalau ebooke-booke book Anda sudah memenuhi hal-hal di atas, tinggal promosikan saja. Lalu, dapatkan leads dari orang-orang yang berminat mendapatkan ebooke-booke book tersebut.

3. Freebies
Freebies adalah konten yang sengaja dibuat dan dibagikan secara gratisfree of charge. Tapi, konten ini tidak lah sama seperti blogweblog atau video. Freebies umumnya dapat diunduh dan dicetak di atas kertas. Misalnya, check list guide lines, worksheet, panduan singkat, ebooke, poster, dan lain sebagainya.

Dibandingkan strategi mendapatkan leads viaby way ofthrough ebooke-booke book, strategi freebies bisa dibilang lebih efektif. Sebab, Anda bisa membuat konten dalam waktu yang lebih singkat. Pastinya, format konten ini juga lebih hemat tenaga. Karenanya, Anda bisa fokuskan sisa tenaga untuk menggiring trafficvisitorssite visitors menjadi leads yang berkualitas.

4. Buat konten premium
Kalau Anda punya konten kualitas supertremendous dan basisfoundation massa yang loyal, coba saja buat konten premium. Cara ini dijamin akan mendatangkan leads berkualitas. Karena orang-orang yang sesuai kriteria targetgoal pasar lah yang akan memberikan kontaknya.

Strategi macam ini sebetulnya lebih banyak diterapkan oleh portal berita dan majalah onlineon-line. Terutama oleh media berbasis luar negeri ataupun yang memiliki jaringan internasional. Hanya saja di Indonesia, belum banyak yang mempraktikkannya.

Kalau Anda tertarik menjajal cara satu ini, pastikan Anda benar-benar memiliki nilai tambah. Minimal, pastikan konten Anda memberi insightperception baru dan menjawab rasa penasaran mereka. Syukur-syukur kalau konten yang dibuat juga berisi data know edge information dan analisis mendalam.

5. Beri opsi subscribe konten
Cara satu ini wajib untuk diterapkan. Terutama, bagi Anda yang sudah menjalankan blog untuk bisnis. Dengan iming-iming dapat update replace eksklusif, Anda bisa dapat nama dan alamat email pengunjung secara mudah.

Anda pun bisa menambahkan formtypekind subscribe di semua konten blogweblog. Setiap pengunjung ─ tanpa terkecuali ─ selalu ditawari untuk subscribe blogweblog. Jadi, kemungkinan bisnis untuk dapat leads juga semakin besar.

6. Sediakan livestayreside chat di websiteweb site
Fitur livestayreside chat tak cuma bermanfaat untuk kredibilitas usaha. Ia juga tak sekadar memudahkan pembeli menghubungi Anda. Ada alasan lain mengapa Anda harus menambahkan fitur livestayreside chat di websiteweb site.

Selain dua fungsi utamanya, livestayreside chat juga bisa jadi sarana menambah leads. Terutama kalau Anda menyediakan formtypekind kontak seperti gambar di atas.

Bentuk livestayreside chat di atas tak hanya eksklusif untuk pelanggan setia bisnis. Dengan memasukkan kolom nama dan alamat email, Anda bisa menjaring leads dari calon pelanggan yang sangat potensial. Terutama yang bentuknya salesgross sales qualifiedcertified lead (SQL).

Usaha mendapatkan leads juga bisa dilakukan lewat media sosial. Entah itu Facebook, Twitter, dan Instagram. Syaratnya, tentu saja, Anda punya suatu nilai tambah atau konten eksklusif untuk menarik calon pelanggan.

Setelah memiliki “faktor X” yang dimaksud, Anda bisa membuat konten pengumuman di media sosial. Isinya memberitakan kalau Anda ingin membagikan konten eksklusif secara gratisfree of charge. Caranya, si calon pelanggan tinggal memberitahukan alamat emailnya.

Kalaupun Anda ingin mendapat lebih banyak leads, Anda tinggal beri persyaratan tambahan. Apalagi kalau bukan ikut membagikan pengumuman tersebut di lini media sosial milik calon pelanggan. Strategi inilah yang dipakai oleh Buku Peledak untuk menggait perhatian calon pelanggannya.

8. Webinar
Kalau Anda ingin tampil beda dari yang lain. Plus, Anda punya resourceuseful resource dan tenaga lebih untuk itu. Cobalah gunakan webinar untuk mendulang leads, terutama MQL.

Format konten macam webnetinternet seminar memberikan keleluasaan bagi Anda. Utamanya dari sisi penyelenggaraan. Anda bisa buat webinar di mana saja dan kapan saja. Saking fleksibelnya, bahkan pembicara dalam webinar pun tak harus ada dalam satu ruangan.

Lewat kelebihan ini, kesempatan Anda untuk membuat webinar “out-of-the-boxfield” jadi tak terbatas. Semakin menarik bahasan webinar yang ditawarkan, semakin banyak juga yang ingin mengikuti sesi webinar. Artinya, semakin banyak leads yang didapat. Pun, leads takkan terbatas pada wilayah tertentu saja.

Kalau Anda tertarik untuk menjajal cara ini, pastikan Anda baca panduan lengkap membuat webinar di artikel → Apa itu Webinar? Strategi Marketing Paling Gres untuk Bisnis Online.

9. Buat eventoccasion
Meski sudah ada webinar, eventoccasion offline masih jadi primadona. Apalagi kalau format acaranya seperti workshop. Event offline cenderung lebih bisa memfasilitasi diskusi interaktif dan acara yang memerlukan pembelajaran praktik.

Lewat acara-acara macam ini, Anda tetap bisa mendapatkan leads. Caranya dengan membuka formtypekind registrasi secara onlineon-line. Perkara calon peserta tidak datang ke acara yang dibuat, Anda tetap mendapatkan kontaknya.

10. Kuis
Mendulang leads juga bisa dilakukan lewat kuis. Tak melulu dengan membuat kuis berhadiah, kok. Anda bisa juga membuat kuis-kuis trivial untuk tujuan senang-senang saja.

Salah satu contoh kuis trivial ialah kuis kepribadian. Tapi, Anda bisa saja mengubah kontennya agar lebih berhubungan dengan bisnis Anda. Dengan begitu, konten yang dibuat akan jadi lebih menarik.

11. Giveaway
Giveaway atau kuis berhadiah boleh juga dijadikan strategi untuk mendapat leads. Cara ini sangat banyak dipakai oleh brandmodel-brandmodel besar dan ternama. Alasannya, tak lain, karena leads yang didapatkan jumlahnya bisa sangaaaat banyak.

  1. Referral
    Referral pun dapat dijadikan ladang mencari leads. Cara satu ini memang tidak bisa menjanjikan leads banyak dalam waktu singkat. Akan tetapi, cara ini cenderung baik diterapkan dalam jangka waktu lama.

Melalui referral pun leads yang didapat biasanya lebih berkualitas. Sebab, hanya orang-orang yang siap memakai produk lah yang ditarget lewat program ini.

Akan tetapi, Anda perlu ingat. Supaya program referral atau afiliasi berhasil, Anda perlu memberikan bonus kepada si pemberi referral. Entah itu dalam bentuk uang, kupon diskon, poin, ataupun hal lain.

13. Trial produk atau layanan
Kalau Anda menjual produk yang oke punya, mengapa tak membiarkan orang-orang mencobanya? Dengan memberi opsi trial atau coba gratisfree of charge, Anda membiarkan calon pelanggan merasakan seberapa kehebatan dan keampuhan produk yang dibuat.

Cara ini malah membuka dua peluang sekaligus. Pertama, peluang untuk mendapatkan calon pelanggan secara langsung. Atau, kedua, peluang untuk mendapatkan leads dalam bentuk product qualifiedcertified lead maupun service qualifiedcertified lead

14. Kupon diskon
Tak ada orang yang tak menyukai diskon. Itu mengapa, penawaran diskon adalah sesuatu yang sulit ditolak. Apalagi kalau untuk mendapatkannya, mereka hanya dimintai alamat emaile-maile mail dan sedikit infoinformationdata personalprivate.

Maka dari itu, cobalah bagikan kupon diskon untuk menggait leads. Supaya bisa sekaligus menambah userconsumerperson, Anda boleh gabungkan strategi ini dengan opsi subscribe blogweblog. Seperti halnya yang dilakukan di Niagahoster Blog.

15. Cari leads di Hunter.io
Satu cara ini khusus kami rekomendasikan untuk Anda yang bergelut di bidang B2B. Ketika Anda secara khusus ingin menawarkan kerja sama, produk, atau layanan ke satu perusahaan, Anda bisa dapat mengetahuinya lewat Hunter.io.

Tinggal masukkan saja websiteweb site calon pelanggan. Lantas, Anda akan dapatkan emaile-maile mail admin pemilik websiteweb site. Hanya saja, Anda perlu membuat akun terlebih dulu untuk dapat melihat emaile-maile mail secara utuh.

Siap Berburu Leads dengan Cara-Cara di Atas?
Yak! Kami sudah berbagi bermacam cara untuk mendapatkan leads. Mana cara yang paling efektif? Itu kami serahkan lagi pada Anda. Pada dasarnya, tiap bisnis punya pendekatan mendapatkan leads yang berbeda-beda.

Tapi supaya strategi berburu leads Anda tampak lebih elegan dan profesional.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.