June 13, 2021

Kebutuhanku

Kebutuhan Isi Berita Indonesia

5 Cara Mencegah Kekurangan Zat Besi pada Anak

3 min read

Pertumbuhan si kecil sangatlah penting. Bagi bunda harus tahu cara mencegah kekurangan zat besi pada anak. Hal ini bisa ditempuh dengan menjaga asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh si kecil.

 

Perlu diketahui bahwa zat besi memiliki banyak fungsi yang baik bagi tumbuh kembang anak-anak. Mampu berperan dalam membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bahkan bisa mendukung perkembangan kognitif si kecil.

 

Selain itu bisa mengembangkan motorik dan sensorik pada anak. Sehingga pertumbuhan fisiknya akan terdukung dengan baik dan maksimal..

 

Cara Mencegah Kekurangan Zat Besi pada Anak

Memilih Bahan Makanan yang Mengandung Zat Besi

Sudah pasti Bunda akan memberikan makanan yang kaya akan nutrisi untuk anak-anak. Tetapi belum tentu kandungan zat besi yang ada dalam makanan tersebut tinggi. Bisa jadi anak tetap kekurangan zat besi yang mengakibatkan tumbuh kembangnya terhambat.

 

Sumber zat besi pada makanan terbagi atas dua pilihan yaitu heme dan non heme. Sumber heme berasal dari hewan, seperti daging merah, hati, ayam, susu, dan telur. Sedangkan non heme biasanya berasal dari tumbuhan seperti kedelai, tahu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan berbagai macam buah.

 

Memberi Makanan yang Kaya Vitamin C

Untuk mendukung penyerapan zat besi perlu diberi makanan yang mengandung vitamin C. Kombinasi zat besi dan vitamin C bisa meningkatkan penyerapan zat besi secara optimal. Terlebih jika bunda memberikan zat besi yang berasal dari non heme.

 

Menghindari Kekurangan Zat Besi pada Anak Sejak Dini

Alasan utama seorang anak kekurangan zat besi karena kebutuhan dalam tubuh tidak terpenuhi dengan maksimal. Hal ini dikarenakan kebutuhan zat besi pada anak akan meningkat. Sehingga bunda harus mengetahui cara mencegah kekurangan zat besi pada anak.

 

Bunda bisa menambahkan kebutuh zat besi dengan memberi makanan yang sehat dan sempurna. Bisa juga bunda memberi susu pertumbuhan yang sudah difortifikasi dengan zat besi.

 

Mengetahui Faktor yang Menyebabkan Turunnya Penyerapan Zat Besi

Bunda-bunda tak perlu bingung lagi untuk memberikan asupan zat besi pada tubuh si kecil. Namun penting diketahui penyebab dari kurangnya penyerapan zat besi pada anak. Misalnya dengan terlalu banyaknya kandungan tanin dalam teh. Boleh saja memberikan teh pada sang anak namun tidak disuguhkan pada saat makan utama.

 

Memberikan Suplementasi Besi

Masing-masing anak memiliki kebutuhan zat besi yang berbeda-beda. Bunda perlu melakukan tindakan khusus yaitu pengecekan ke dokter terkait si kecil yang kekurangan zat besi. Bunda juga bisa mengkonsultasikan perihal pemberian suplementasi besi harian.

 

Akan lebih baik jika bunda selalu rutin memberikan suplemen tersebut pada anak. Namun, jangan melupakan waktu konsultasi dan pemeriksaan. Hal ini bertujuan agar pemberian suplemen sesuai dengan dosis yang dibutuhkan. Sehingga bisa mencegah kekurangan zat besi pada anak.

 

Penyebab Anak Kekurangan Zat Besi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan anak kekurangan zat besi. Berikut adalah ulasannya:

 

Pola Makan yang Buruk

Anak-anak akan mendapatkan resiko tinggi kekurangan zat besi apabila kebutuhan mineral dalam tubuh kurang. Kemudian, pola makan yang buruk sangat bisa memicu kekurangan zat besi.

 

Kehilangan Darah

Anak kekurangan zat besi bisa disebabkan oleh kehilangan darah. Biasanya terjadi dari tukak lambung, radang usus kronis, hingga adanya infestasi parasit layaknya cacing tambang.

 

Tidak Mampu Menyerap Zat Besi yang Cukup

Anak yang tidak bisa menyerap zat besi dengan cukup biasanya mengalami penyakit berupa celiac atau Crohn. Untuk bisa mengetahui kekurangan zat besi biasanya harus melakukan pemeriksaan laboratorium. Jika anak sudah terlanjur mengalami anemia jangan ragu untuk membawanya ke dokter agar bisa mendapatkan perawatan sera penanganan khusus.

 

Jangan biarkan anak kekurangan zat besi karena bisa mengganggu kesehatannya. Lakukan cara mencegah kekurangan zat besi sejak dini agar tumbuh kembang anak bisa maksimal. Bunda bisa melakukan pencegahan pada anak usia 1-3 tahun dengan mengakses Iron Check Tools.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.