Pengertian, Jenis, serta Fungsi Kompresor dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompresor adalah sebuah alat yang sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa pengertian dari kompresor itu sendiri? apa saja jenis serta fungsinya dalam kehidupan sehari-hari? Berbagai pertanyaan tersebut, akan ami ulas di bawah ini.

Pengertian dari Kompresor

Kompresor adalah sebuah alat yang dapat meningkatkan tekanan udara pada suatu tempat, ruangan atau benda tertentu. Sedangkan pada saat beroperasi, kompresor memerlukan bahan bakar berupa bensin.

Selain itu, alat ini juga dapat menyala dengan bantuan desel, jika memang tidak memungkinkan untuk memakai bensin dikarenakan keberadaanya yang sudah mulai langkah.

Sistem kerja alat ini adalah dengan mengambil udara atau gas yang ada disekitar untuk dimasukkan kedalam kompresor. Didalamnya, gas akan diberi tekanan lebih besar dari sebelumnya yang kemudian udara tersebut dikeluarkan kembali sebagai udara yang bertekanan tinggi.

Untuk lebih jelasnya, kita sangkutkan hal tersebut dengan kehidupan sehari-hari kita. Misalnya pada saat mau meniup balon, maka kita akan menghidup udara sebanyak-banyaknya terlebih dahulu.

Dengan banyaknya udara yang masuk kedalam paru-paru, maka akan meningkatkan tekanan didalamnya. Maka terbentuklah udara bertekanan yang nantinya akan kita keluarkan kedalam balonnya tersebut sehingga balot dalam menggembung sebagaimana mestinya.

Bagaimana sudah jelas bukan mengenai pengertian serta sistem kerja dari sebuah kompresor? Jika sudah maka selanjutnya yang akan kita bahas adalah mengenai jenis dan fungsi dari kompresor bagi kehidupan sehari-hari.

Berbagai Jenis Kompresor

 Kompresor memang dirancang dengan berbagai jenis. Dari setiap jenisnya memiliki fungsi masing-masing yang berbeda satu sama lain. Untuk itu, anda perlu memahami jenis-jenis kompresor terlebih dahulu supaya dapat menerapkan dengan baik pemanfaatannya bagi kehidupan sehari-hari.

1. Air compressor direct driven

Disesuaikan dengan namnya, kompesor jenis ini diperuntukkan langsung bagi anda yang memerlukan pemompa udara dalam kehidupan sehari-hari. Air compressor direct driven ini sistem penggeraknya berhubungan langsung dengan pemompa udara.

Kecepatan pengisian pada kompresor jenis ini sangat tinggi hingga mencapai kecepatan 2.850 rpm. Hal ini tentu menjadi keunggulan utama yang dimilikinya.

2. Air compressor belt driven

Untuk jenis kompresor yang kedua ini, sangat cocok dimiliki oleh anda yang memiliki usaha dalam bidang tambal serta pegisian ban. Karena dalam sistem kerjanya, Air compressor belt driven inilah yang menjadi alat penggeraknya.

Alat ini memanfaatkan sistem koneksi antara pompa udara dan tenaga penggerak. Dalam hal ini juga memanfaatkan penggunaan vanbelt dan v-belt. Selain menggunakan alat ini, sistem penggerak lainnya juga dapat memanfaatkan bahan bakar bensin.

3. Air compressor mini

Sesuai dengan namanya, kompresor jenis ini memiliki ukuran yang lumayan kecil jika dibandingkan dengan yang lain. Hal ini dikarenakan kompresor yang tidak menggunakan tabung tekanan dalam sistem kerjanya.

Karena ukuran yang mini, fungsi dari Air compressor mini ini cukup simpel, yaitu digunakan untuk mengecatan dengan teknik air brush yang sederhana. Bagi anda yang memerlukan untuk pengecatan benda-benda kecil, maka dengan memanfaatkan kompresor ini saja sudah cukup maksimal.

4. Air compressor screw

Jenis kompresor yang terakhir ini merupakan kompresor yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Air compressor screw atau bisa disebut dengan screw compressor, adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyuplai tekanan udara selama 24 jam nonstop.

Karena tekanannya yang begitu tinggi, kompresor jenis iini banyak dimanfaatkan dalam sebuah pabrik untuk mendapatkan tekanan udara yang tinggi pada sebuah mesinnya. Selain itu, mesin ini juga banyak dimanfaatkan dalam sebuah industri besar seperti, industri keramik,  industri makanan dan minuman, industri kimia, serta pusat pembangkit listrik.

Dari semua jenis kompresor di atas, bisa anda dapatkan di Kaeser Compressor Indonesia. Disana anda dapat memilih berbagai kompresor yang anda butuhkan dengan merk Kaeser. Selain itu, merk lain yang dapat dijadikan pilihan adalah merk Renner yang sudah teruji kualitasnya.