Strategi Menjual Rumah Bekas Agar Harganya Tinggi!

Mungkin beberapa dari Anda merasa bahwa menjual rumah bekas bukan solusi terbaik untuk mendapatkan harga rumah yang tinggi. Padahal rumah bekas tetap bernilai jika Anda tahu strategi untuk membuat harganya tetap normal atau malah jadi naik.

Perlu diketahui, bahwa harga rumah bekas kurang bisa diprediksi karena dilihat dari berbagai faktor dan juga perkiraan. Misalnya saja, dari sudut pandang lokasi rumah hingga kondisi pasar rumah bekas. Jadi misalnya Anda ingin jual rumah bekas di Jogja, namun jika lokasinya kurang strategis juga akan berpengaruh pada harga rumah bekas tersebut nantinya.

Strategi Jual Rumah Bekas

Untuk Anda yang tetap ingin mendapatkan keuntungan tinggi dengan harga rumah yang tinggi saat jual rumah bekas, harus lakukan beberapa strategi seperti berikut.

1. Jangan Abaikan Penampilan Rumah

Yang pertama dan tidak boleh Anda lupakan adalah dengan membuat tampilan rumah tersebut jadi lebih menarik. Anda bisa membuat tampilan depan rumah jadi terkesan lebih nyaman jika dilihat dari luar. Karena hal ini bisa jadi strategi yang tepat untuk meningkatkan harga rumah bekas.

Penampilan rumah yang nyaman yang terlihat dari depan, akan menimbulkan kesan positif dari rumah bekas Anda. Hal ini juga bisa menambah daya tarik dari rumah Anda sehingga para calon pembeli menganggap rumah Anda sebagai rumah yang ideal. Bukan tidak mungkin, akan lebih banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana rumah Anda baik eksterior maupun interior.

Anda juga harus perhatikan bagian dalam rumah terutama untuk dapur dan kamar mandi. Karena untuk area+area ini, jika tidak terawat maka harga rumah bisa bisa menjadi lebih turun.

2. Perhatikan Eksterior Rumah

Ketika calon pemilik rumah atau melihat rumah Anda yang dijual dari iklan sosial media, tentu yang pertama kali tertuju adalah area luarnya atau eksterior. Maka dari itu, Anda tidak boleh mengabaikan sekeliling rumah. Untuk meningkatkan biaya penjualan rumah, maka Anda bisa melakukan pengecatan ulang pada bagian luar rumah maupun dalamnya.

Tidak dipungkiri ketika rumah dicat ulang maka akan menambah kesan bersih dan juga terlihat lebih nyaman. Untuk penghematan biaya, Anda bisa melakukan pengecatan ulang di beberapa titik rumah saja. Misalnya untuk bagian depan rumah, bagian dapur hingga kamar mandi.

Lalu kemudian untuk area luar bisa ditambah dengan serambi atau berAnda rumah, taman atau ruangan outdoor lainnya yang tidak terlalu luas apalagi jika rumah Anda memiliki tema minimalis.

3. Perbaikan Pada Penghemat Energi

Untuk ada yang ingin jual rumah bekas dijual di Jogja atau di daerah mana pun, tetap wajib untuk memperhatikan bagian pemanfaatan energi. Masyarakat tentu menyukai rumah yang hemat energi, karena jadi hemat biaya operasional. Maka dari itu, Anda harus memperbaiki atau istilahnya menambah fitur-fitur yang bisa membuat rumah jadi hemat energi.

Misal dengan melakukan pemasangan jendela panel gAnda. Jendela ini tidak hanya mampu menghemat energi tapi juga membuat sirkulasi udara di rumah jadi tetap membaik. Kemudian Anda juga bisa memasang insulasi atap hingga lampu LED dan juga peralatan-peralatan penghemat energi lainnya.

Bahkan jika Anda ingin menghemat energi lebih banyak lagi maka bisa memasang solar panel. Solar panel ini bisa dijadikan sebagai sumber energi utama, untuk kebutuhan sehari-hari bagi calon pemilik rumah baru  nantinya.

4. Atur Strategi Menekan Biaya Perawatan Rumah

Yang jika tidak boleh ketinggalan untuk Anda pikirkan agar harga rumah Anda bernilai lebih tinggi adalah pada perawatan rumah. Perawatan rumah tentu tidak murah, maka dari itu banyak orang memperhatikan terlebih dahulu dari sisi biaya perawatan pada sebuah rumah yang akan dibeli.

Rumah bekas Anda juga tidak boleh dijual, jika biaya perawatannya masih mahal apalagi hal tersebut akan terjadi secara permanen. Maka dari itu, solusinya adalah dengan mengganti atau membuang komponen-komponen yang akan membutuhkan perawatan besar nantinya. Misal jika punya mesin pemanas air di kamar mandi, sebaiknya ganti penggunaan alat tersebut.

Atau jika Anda punya perapian di rumah, meski estetik namun perapian ini membutuhkan perawatan yang besar dan sepertinya kurang penting jika digunakan di Indonesia. Meski Anda berada di daerah yang kemungkinan lebih dingin dari daerah lain.

5. Buat Lingkungan Rumah Lebih Luas

Langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah bekas jadi lebih tinggi harganya saat dijual adalah dengan membuat area rumah lebih luas. Rumah dengan area yang lebih luas bisa dijual dengan harga lebih mahal.

Anda bisa memperluas beberapa area seperti membuat ruangan baru atau membuat ruangan di basement hingga membangun sebuah berAnda. Dengan begini, maka calon pemilik rumah akan melihat rumah Anda sebagai rumah yang efisien. Karena meski punya banyak ruangan, tapi ruangan ruangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal positif bukan sebagai ruangan yang dibangun dengan kesia-siaan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjual rumah bekas agar harga rumahnya tinggi. Nah, bagi yang sedang mencari rumah bekas area Jogja, bisa mencari pada website jual rumah bekas di Jogja yaitu Rumah.com. Di mana pada website ini, Anda bisa menemukan rumah rumah bekas terbaik yang ada di area Yogyakarta dan sekitarnya dengan harga terbaik.

Anda tentu saja bisa sesuaikan harga rumah dengan budget yang dimiliki untuk pembelian rumah bekas dan juga berdasarkan lokasi yang diinginkan. Ini tentu membantu Anda untuk mendapatkan rumah dengan lokasi yang strategis, kriteria rumah sesuai dengan keinginan dan juga budget yang dimiliki.