Tips Memilih Tempat Lelang Motor Agar Dapat Kendaraan Yang Tepat

Beberapa orang memilih untuk membeli motor di tempat lelang motor karena alasannya adalah harga motor yang dijual jauh lebih murah, dari harga pasaran. Lebih kualitas motor yang dijual juga terbilang masih cukup bagus jadi tidak perlu khawatir masalah kualitas. Namun saat beli motor di tempat lelang motor, Anda harus perhatikan beberapa hal.

 

Beli motor di tempat lelang maka Anda sebagai calon pembeli harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan memberikan deposit uang. Anda juga wajib saling tawar-menawar dengan orang lain, yang mungkin saja mengincar motor yang sama di tempat lelang. Selain itu apa saja yang perlu diperhatikan saat beli motor di tempat lelang.

 

  • Data Kendaraan

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah data kendaraan harus diperiksa hingga kondisi eksterior dari kendaraan. Biasanya badan lelang motor akan memberikan kelas terhadap kondisi kendaraan mulai dari kelas A, B, C dan seterusnya. Semakin tinggi kelas maka akan semakin tinggi pula harga dari motor tersebut bahkan mendekati harga pasaran.

 

Namun tidak perlu khawatir, karena harganya pasti jauh lebih rendah hingga 20% dari harga pasar. Biar lebih aman, Anda bisa memilih kendaraan dengan kelas A atau B dengan kondisi yang rata-rata cukup baik untuk dimiliki kembali.

 

  • Kelengkapan Surat

Perhatikan juga bagaimana dari surat-menyurat kendaraan yang akan dibeli dari tempat lelang. Diketahui bahwa kendaraan di tempat lelang, ada banyak macam dari berbagai latar belakang. Tentu saja sangat berpotensi ada motor yang memang memiliki surat-menyurat tidak lengkap.

 

Namun pastikan untuk memilih kendaraan yang suratnya lengkap. Karena sama saja nantinya Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk mengurus surat-surat motor. Sebab jika tidak, tentu saja ketika motor dibawa bepergian tentu tidak aman karena bisa saja terkena tilang di jalan raya.

 

  • Pengecekan Fisik Kendaraan

Setelah itu Anda wajib melakukan pengecekan bagian fisik kendaraan secara menyeluruh. Jika Anda orang awam dalam otomotif khususnya motor, maka wajib mengajak teman yang maha tahui bagaimana fisik kendaraan yang masih mulus. Dan kembali lagi sebaiknya pilih kendaraan pada kelas grade A atau B. Sementara untuk kendaraan dengan kelas grade C dan seterusnya, biasanya sudah memiliki cacat pada beberapa bagian bahkan ada yang pecah hingga patah.

 

Namun jika tetap ingin memilih unit motor yang fisiknya cacat agar harganya jauh lebih murah tentu saja. Namun tentu Anda nanti harus menyiapkan dana tambahan untuk memperbaiki bagian body yang lecet.

 

Tidak hanya bagian body, Anda juga wajib mengecek bagaimana dari kendaraan tersebut. Meskipun di balai lelang biasanya tidak boleh dilakukan test ride, tapi masih diperbolehkan untuk menyalakan mesin agar bisa mengecek kondisi mesin. Mengetahui suara mesin, bisa mewakili bagaimana gambaran kondisi mesin tersebut apakah masih halus atau sudah kasar.

Selain beberapa hal di atas, saat beli motor di lelang motor, maka pastikan memilih balai lelang yang tepat salah satunya Anda bisa memanfaatkan IBID. Pada platform ini Anda bisa menemukan motor lelang dari berbagai merek dan seri bahkan bisa berdasarkan tahun dan harga. Tidak hanya motor saja, Anda juga bisa menemukan berbagai produk lelang mulai dari mobil hingga gadget.

 

Untuk mengikuti lelang di IBID, maka anda pastikan terlebih dahulu pilih metode lelang mulai dari Onsite Auction, Live Auction dan Online Auction. Dimana Onsite Auction, anda sebagai peserta bisa melakukan penawaran di lokasi balai lelang IBID ada di seluruh Indonesia. Live Auction, di mana peserta bisa mengikuti lelang lewat website dan aplikasi mobil sesuai jadwal yang ditentukan oleh lokasi balai lelang.